Bangiz - Jika sebelumnya admin membahas tentang cara print foto ukuran 2x3 3x4 4x6 dan KTP, berikut merupakan artikel lanjutan berhubungan dengan teknik print yang bisa dipraktekkan dengan mudah, lebih khususnya bagaimana cara print KTP bolak-balik satu halaman penuh dengan menggunakan software PhotoScape.

Jadi, apabila keadaan mendesak saat membutuhkan foto copy KTP maupun untuk cadangan, tentunya akan sangat membantu. Selain itu akan lebih menghemat waktu, karena tidak perlu mencari tempat foto copy-an apalagi kalau harus ngantri dulu. Selangkapnya ikuti caranya berikut ini:

Sebelumnya pastikan Anda memiliki file gambar KTP-nya baik dari hasil scan maupun foto, format gambar sebaiknya JPG atau PNG lalu simpan di komputer atau laptop.  Cara mengedit gambar seperti memotong, memperjelas, mengkompres gambar bisa baca Cara Mengedit Gambar Dengan  Microsoft Office Picture Manager.

1. Buka software PhotoScape, lalu pilih menu Print.

2. Pilih gambar yang sudah disimpan dan akan diprint melalui kolom sebelah kiri atas.

3. Tarik atau drag gambar ke bagian atau maupun ke area print.

Drag gambar
4.  Pilih Portrait Shot Print (di sebelah kanan), kemudian klik area panah ke bawah dan pilih Set the photo size.

5. Isi Width (mm) dengan angka 85 dan Height (mm) dengan angka 54, jangan lupa klik OK. Itu merupakan ukuran KTP terbaru dalam milimeter, untuk membuktikannya silahkan ukur KTP Anda dengan mistar atau alat ukur lainnya.
Set the photo size
6. Isi tempat kosong dengan cara klik pada gambar terpilih kemudian Ctrl+C lalu Ctrl V. Kalau menggunakan kertas ukuran A4 maka akan muat 10 gambar.

Penganturan lainnya bisa dibaca pada tulisan admin sebelumnya Cara Print Menggunakan PhotoScape, tetapi untuk Quality bisa pilih yang standar.

Jika ingin print bagian depan saja sampai sini sudah bisa dilakukan, tetapi jika ingin bolak-balik maka Anda perlu menambahkan gambar KTP bagian belakang ke halaman 2 atau bisa juga dengan membuka dua software PhotoScape. Saat print sebaiknya menggunakan selembar kertas, sehingga setelah beres print bagian depan KTP bisa langsung dibalik untuk print bagian belakangnya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top